Skip to main content

Contoh soal peluang beserta pembahasannya

Halo teman-teman,
kali ini kita akan membahas contoh soal peluang dan penyelesaiannya untuk menunjang belajar teman-teman. Mari langsung saja kita bahas bersama berbagai contoh soal peluang berikut ini.


Contoh soal 1
Pada percobaan pelemparan sebuah mata uang logam sebanyak 150 kali, ternyata muncul angka sebanyak 78 kali. Tentukanlah :
a. Frekuensi relatif muncul angka
b. frekunesi relatif muncul gambar
Penyelesaian :
a. Frekuensi relatif muncul angka = banyak angka yang muncul                                                                                        banyak percobaan
                                                               = 78 / 150
                                                               = 13/25
b. Frekuensi relatif muncul gambar = banyak gambar yang muncul                                                                                     banyak percobaan
                                                                  = (150-78)/150
                                                                  = 72/150
                                                                  = 12/25


Contoh soal no 2
Apabila terdapat sebuah dadu yang dilempar undi sekali, tentukanlah peluang muncul :
a. mata dadu 4
b. mata dadu bilangan ganjil
Penyelesaian :
a. Banyaknya kejadian muncul mata dadu 4 = 1. Banyak kejadian yang mungkin = 6 yaitu muncul mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Sehingga, P(mata 4) = 1/6
b. Banyak kejadian muncul mata dadu bilangan ganjil = 3 yaitu mata dadu 1, 3, dan 5.
Sehingga, P(ganjil) = 3/6 = 1/2


Contoh soal 3.
Sebuah huruf dipilih secara acak dari huruf-huruf pada kata ” SURABAYA”. Tentukanlah peluang terpilihnya huruf A?
Penyelesaian :
banyak kejadian muncul huruf A = 3 karena terdapat 3 huruf pada kata tersebut.
banyak kejadian yang mungkin = 8
Sehingga, P(huruf A)= 3/8.

Contoh soal 4
Dalam sebuah kotak terdapat 12 bola merah serta 15 bola biru. Apabila satu bola diambil secara acak. Tentukanlah peluang terambilnya bola biru.
Penyelesaian :
Banyak bola biru = 15
Jumlah seluruh bola = 12 + 15 = 27
Sehingga, P(biru) = 15/27 = 5/9


Contoh soal 5.
Dalam sebuah kotak terdapat lima buah bola yang diberi nomor 1 sampai 5. Jika sebuah bola akan diambil secara acak dari kotak tersebut.
a. Tentukanlah peluang terambilnya bola bernomor gelap.
b. Jika yang terambil bola bernomor ganjil, serta tidak dikembalikan lagi. Tentukanlah peluang terambilnya bola bernomor ganjil pada pengambilan berikutnya.
Penyelesaian :
a. Banyak bola bernomor genap ada 2 yaitu bola bernomor 2 dan 4.
Sehingga P(genap) = 2/5
b. Banyak bola bernomor ganjil ada 3, terambil 1 sehingga banyak bola bernomor ganjil sekarang 2.
Maka P(ganjil) = (3-1)/(5-1) = 2/4 = 1/2



Jadilah itulah temen-temen beberapa contoh soal peluang dan penyelesaiannya. Semoga dapat bermanfaat untuk membantu temen-temen dalam belajar matematika khususnya materi peluang.
Selamat Belajar

Comments

Popular posts from this blog

Rumus lengkap deret aritmatika

Deret aritmatika. Rumus:  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus deret aritmatika dan pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas soal rumus geometri. Rumus aritmatika atau bisa di sebut juga dengan barisan aritmatika di bagi menjadi beberapa macam yang pertama adalah rumus aritmatika bertingkat, sosial, sn, tingkat 2, aritmatika suku ke – n. Pada barisan aritmatika, susunan dari bilangan nya di bentuk di antara satu bilangan ke bilangan yang berikut nya yang memiliki perbedaan yang sama. Namun beda sendiri dapat di artikan sebagai selisih antara 2 suku yang saling berurutan. Dan jika suatu barisan mempunyai beda lebih dari nol ( b > 0 ) maka barisan aritmatika nya di sebut dengan barisan naik. Dan sebalik nya jika beda nya kurang dari nol ( b < 0 ) maka barisan aritmatika nya di sebut dengan barisan turunan, untuk lebih jelas nya mari kita semua bisa simak penjelasan nya lebih lanjut pada pembahasan di bawah ini ciri – ciri umum nya dari baris

Contoh soal Limit tak hingga fungsi aljabar dan jawabannya

LIMIT TAK HINGGA FUNGSI ALJABAR Seperti telah diuraikan di muka bahwa nilai limit berhingga suatu fungsi f(x) untuk x mendekati a didapat dengan cara mensubstitusikan nilai a ke fungsi f(x). Atau ditulis Hal ini berlaku pula untuk untuk limit tak hingga suatu fungsi aljabar f(x), sehingga Sebagai contoh Namun jika f(x) berbentuk fungsi pecahan, maka nilai substitusinya memungkinkan hasil tak terdefinisi, yakni bentuk Dengan kata lain: Dalam hal ini f(x) dimanipulasi dengan cara: Jika n adalah derajat tertinggi antara g(x) atau h(x) maka g(x) dan h(x) masing-masing dibagi dengan x n  . Untuk lebih jelasnya ikutilah contoh soal berikut ini: 01. Tentukanlah hasil dari: jawab 02. Tentukanlah hasil dari: jawab Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa penyelesaian limit tak hingga fungsi aljabar pecahan ditentukan oleh koefisien dari variable pangkat tertinggi.  Untuk lebih jelasnya akan diuraikan pada conto